Selasa, 01 September 2009

We Are Above You

Rating:★★★
Category:Music
Genre: Rock
Artist:Clouds (Hydra Head Records, 2008)
Clouds adalah band proyekannya salah satu personil Cave In, yakni Adam McGrath. Semenjak saya menyenangi setiap rilisan Cave In, sudah pasti saya selalu antusias mengetahui kabar mengenai personil dibelakangnya. Setiap personil Cave In memang memiliki banyak proyek sampingan, seperti Zozobra, Kid Kilowatt, Octave Museum, lalu proyek solonya vokalis Stephen Brodsky, dan terakhir ini, Clouds. Selain Adam McGrath, line-up Clouds lainnya adalah Johnny (bass), Jim (gitar), dan Q (drum).

Menurut saya, personil Cave In merupakan orang-orang yang kreatif dalam membuat musik. Setiap musik yang mereka buat, selalu bisa dibilang cukup out of the box. Walaupun dasarnya adalah hardcore, tetapi mereka tidak terpatok dalam ‘karakter musik hc ortodok’, tetapi mereka selalu berkembang. Begitu pun dengan Clouds. Bila didengarkan, jelas terasa bahwa mereka terpengaruh oleh musik hardcore, tetapi ada juga pengaruh-pengaruh rock, stoner, dan sedikit aroma psychedelic.

Mungkin buat kamu yang suka mendengar Doomrider, The Bronx, Black Flag, dan semacamnya, akan langsung ‘klik’, ketika mendengarkan Clouds. Ya, musik hardcore yang dibumbui oleh sentuhan rock n’ roll. Tetapi, jujur saja, bila membandingkan dengan proyek sampingan personil Cave In lainnya, Clouds masih dibilang belum signifikan. Dan menurut saya, Clouds memang biasa-biasa saja. Mungkin review ini akan terasa tidak adil, karena saya menilai hanya dari sisi proyek personil Cave In. Bukan dinilai berdasarkan Clouds, yang harus dinilai dengan sudut pandang tersendiri. Terlepas dari bayang-bayang adanya Adam McGrath yang merupakan personil Cave In. Dan ya, dalam review ini, posisi saya memang demikian. Semenjak awal niat mereview Clouds, titik tolak saya memang ingin menyoroti kiprah salah satu personil Cave In tersebut.

Baiklah, cukup bertele-tele. Pastinya, dalam sebelas lagu yang ada di album ini, secara musikalitas, mereka memainkan hardcore yang terpengaruh rock n’ roll semacam Black Flag, namun dengan sound yang modern dan lebih berat. Walaupun demikian, musik seperti ini, bukan tipe yang saya nikmati benar-benar. Malah, bila ingin dibanding-bandingkan, proyeknya Caleb Scofield (basis Cave In), yaitu Zozobra bahkan bisa disebut lebih baik. Tetapi tentunya, penilaian ini nantinya kembali lagi ke kamu.


Tidak ada komentar: