Minggu, 27 September 2009

The Great Cessation

Rating:★★★★
Category:Music
Genre: Other
Artist:YOB
Epik. Itulah kesan pertama kali saat mendengarkan album teranyar, sekaligus yang pertama semenjak band asal Oregon ini sempat bubar pada tahun 2005. Komposisi musik YOB yang pada dasarnya berkarakter sludge/doom ini terdengar megah dan membuatnya menjadi terkesan epik. Tetapi, kesan epik ini, tidak membuatnya jatuh kedalam teritori funeral doom (dimana teritori ini, bagi saya, merupakan teritori yang paling membosankan diantara varian musik bergenre doom). Cukup berbeda ketika mendengarkan pertama kali YOB di album Elaboration of Carbon keluaran tahun 2002 (dimana pada album ini, soundnya masih raw dan kental dengan hawa stonernya).

Di album Great Cessation, ciri kental doom/stoner metal YOB masih kental. Tetapi terasa ada progress juga. Riff-riffnya terasa menjadi atmospheric, seperti Neurosis. Walaupun begitu, tidak membuatnya jatuh juga menjadi semacam post-metal. Sound YOB, bagaimanapun juga, masih terdengar primitif. Dan itulah yang membuat album ini saya nikmati.

Ada lima lagu dalam The Great Cessation ini. Dengan durasi keseluruhan berkisar enam puluh menit. Cukup panjang, memang. Lagu paling pendek durasinya adalah Breathing From the Shallows, yakni selama tujuh menit, dan terpanjang adalah The Great Cessation itu sendiri yang berdurasi hingga dua puluh menit. Tapi, tenang ko. Perjalanan di album YOB ini tidak akan terasa melelahkan. Asalkan ada waktu luang, musiknya masih bisa dinikmati. Bagaimanapun, durasi yang panjang tersebut tidak akan terasa panjang benar, ketika komposisi-komposisi lagu yang disusun didalamnya memang bagus.

Tidak ada komentar: