Minggu, 29 Agustus 2010

Ephemeral

Rating:★★★★
Category:Music
Genre: Other
Artist:Piana
Sebelumnya saya tidak pernah mendengarkan musik-musik semacam j-pop/electronic. Setidaknya begitu. Sebelum saya mengetahui Piana.

Piana ini sebenarnya adalah sebuah nama pseudo dari penyanyi perempuan bernama Naoko Sasaki. Musik yang Piana tawarkan pada dasarnya adalah semacam elektronik pop/ambiens. Namun yang membuatnya enak didengarkan adalah karakter vokalnya. Terasa hangat dan sejuk. Sepintas kamu akan teringat karakter vokal Gita Gutawa. Tetapi, sepertinya Piana lebih kelam daripada Gita Gutawa, walaupun musiknya terdengar cerah. Entahlah, kamu seperti mendengarkan musik-musik yang berasal dari daratan Islandia sana. Dengan salju dan pegunungannya yang terlihat dingin dan kelam, namun musik-musiknya kadang selalu terasa hangat. Seperti itulah gambaran saya mengenai Piana. Hangat dan easy listening.

Saat ini saya memiliki tiga album Piana, 'Ephemeral' (2005), 'Eternal Castle' (2007), dan 'Snow Bird' (2009). Namun untuk kepentingan review, saya hanya akan mereview album 'Ephemeral' dulu. Soalnya inilah album yang membuat saya langsung jatuh hati, ketika mendengarkan Piana untuk yang pertama kalinya.

Di album 'Ephemeral' ini terdapat sembilan lagu. Secara garis besar, musik yang ditawarkan berada di area elektronik/ambiens. Kamu akan mendengarkan komposisi-komposisi minimalis, dan beberapa petikan-petikan akustik yang tidak dominan, namun terasa 'sendu'. Vokal Naoko, tidak diragukan lagi, memberi nafas yang penting didalam aransemen-aransemen lagu di album 'Ephemeral'. Seringkali Naoko berbisik bersamaan dengan iringan komposisi ambiens dibelakangnya yang terasa sunyi dan senyap. Ciamik.

Buat para 'galauers' (?) pasti suka album ini :D

Buat fans:
Sigurros, Gita Gutawa, Windy & Carl, Maps & Diagram, Robin Guthrie, Cocteau Twins.

========================================================
Buat yang tertarik, silahkan download lagunya di:
http://www.megaupload.com/?d=TE8XVIXJ


4 komentar:

afwan albasit mengatakan...

cobian diunggah ah...

abo si eta tea mengatakan...

jang batur ngaroko tengah peuting, wan. lumayan..

afwan albasit mengatakan...

embung ah urang mah tara ngadu bako jeung jurig...hahahahaha

abo si eta tea mengatakan...

yee, saha nu ngomong ngadu bako jeung jurig? ieu mah mun keur ngaso baru ngadudu..