Kamis, 26 Agustus 2010

Born Ep

Rating:★★★
Category:Music
Genre: Indie Music
Artist:Quayer
Rilisan ep ini termasuk rilisan lama. Keluar tahun 2008. Tapi saya baru dapat cdnya sekarang. Itu juga dikasih teman (thanks buat Praga dan Dimbul). Walaupun sudah lama, tapi acuhlah ya...kita mulai saja review.

Ini band lokal. Dari Bandung tepatnya. Di dalam album mereka disebutkan, bahwa mereka mencoba mengenalkan musik mereka melalui karakteristik yang disebut 'electic ambient sound, balancing experimental and progressive qualities with pop rock approach'.

Kesan saya waktu mendengarkan lagu ke dua, 'Aside', tidak mau tidak, pikiran saya langsung berangkat ke band asal Denmark, Mew. Setidaknya pikiran itu mencuat setelah mendengarkan progresi chordnya yang cukup 'prog' ala progresi Mew. Belum lagi setelan sound gitarnya yang mengingatkan pada sound Mew itu sendiri. Vokalnya pun selintas mirip karakter Jonas Bjerre, walaupun tidak mirip sepenuhnya. Tetapi, buat saya, jelas kalau Quayer sangat terpengaruh oleh Mew.

Walaupun terdapat pengaruh yang kuat dari Mew, bukan berarti band ini jelek, karena menjadi 'carbon copy', misalnya. Secara kualitas, musik yang mereka ramu dalam album bertitel 'Born' ep ini bagus kok. Untuk masalah pengaruh, itu merupakan hal yang biasa. Setiap band juga pasti terpengaruh oleh band-band sebelumnya. Semuanya hanya masalah bagaimana band yang bersangkutan berkreatifitas kedepannya dengan mencoba mengolah musiknya dengan lebih lebih berkarakter lagi. Dan sejauh menyangkut karakter, hal seperti itu bukan sesuatu yang bisa dibentuk selama satu malam saja. Tetapi butuh proses. Dalam kasus Quayer, di rilisan pertamanya dalam tingkat lokal ini, usaha yang mereka lakukan cukup layak diapresiasi dengan positif. Nilai lebihnya bagi Quayer di album ini, buat saya, adalah usaha mereka dalam mengaransemen lagu. Cukup bagus dan menarik, terutama ketika mengolah part-part 'progresifnya'. Untuk ukuran musik lokal, kerenlah.

Terdapat enam lagu di album ini. Hampir semua liriknya berbahasa inggris, kecuali track ke enam yang berjudul 'Terus'. Masalah lirik lagu ini setidaknya jadi kritik saya tentang 'Born' Ep. Ada baiknya bila mereka mencoba memakai lirik bahasa indonesia, alih-alih inggris. Membuat lirik berbahasa Indonesia memang susah, terlalu banyak pemborosan kata. Tetapi bila berhasil, bisa menjadi sesuatu yang menarik. Setidaknya akan ada gaya tersendiri. Lihat saja band-band lokal semacam Whisper Desire (Rip), the Adams, dll. yang semenjak rilisan awalnya mencoba menggunakan lirik berbahasa Indonesia. Jadinya ada sesuatu yang unik dalam musik mereka.

Oya, kritik satu lagi yang terkait dengan kover albumnya. Sayang kover albumnya terlalu sederhana. Coba lebih kreatif tentang masalah kover ini. Bagaimana pun juga, packaging merupakan sesuatu yang penting. Terutama untuk kover sebuah album :D

========================================================
Quayer - Born Ep' songlist:
01. Born
02. Aside
03. Dancing Without Soul
04. Shiva
05. Sail
06. Terus

Quayer sites & email:
www.myspace.com/quayer
its_quayer@yahoo.com
CP:
Rivandi (0818215041), Besman (085221910654)

4 komentar:

kania laksita mengatakan...

nahh bener khan seperti mendengarkan mew? hehehee.. gw mau dong cd nya T_T

abo si eta tea mengatakan...

joi. hehe. gua jga di ksh dimbul sma praga, kan.

Praga Utama mengatakan...

kani: minta aja ke si dimbul. gw cuma nge like link quayer di fb eh malah dikasih cd. hehe.

abo: urang poho mere lagu quayer nu judulna memory box, eweuh di album ieu, catchy pisan. engke lah nya.

kania laksita mengatakan...

memory box itu lirik by yogicerdito lho.. hahaha..