Selasa, 22 Juni 2010

damn, i found my mixtape!

Dijaman belum ada blogspot2an yang nyedian jasa download musik. Dijaman belum ada google search. Dijaman Soundgarden masih kedengeran. Dijaman Aquarius Dago masih jaya a.k.a. belum bangkrut. Dijaman pita kaset yang sering kusut. Dijaman ngerekam lagu di tape deck. Dijaman telunjuk masih sering neken tombol play atau rewind dari tape deck. Dijaman barter kaset kompilasi buatan sendiri dengan teman-teman...hell. Salah satu "golden moment mid '90's": bikin kompilasi musik sendiri via kaset dan saling tukeran kaset kompilasi dengan teman.

Ngomong-ngomong mixtape...lagi bongkar-bongkar lemari jadul, ga sengaja nemu salah satu kaset kompilasi buatan sendiri waktu jaman sekolah dulu. Kaset kompilasi yang saya kasih title: "HC Lives". Yup, kompilasi musik-musik hardcore akhir sembilan puluhan. Damn, i miss the moment. Inilah dia salah satu artefak 'mixtape' waktu jaman sekolah dulu:



Tidak diragukan lagi, layout mixtape ini memang kampring. Kovernya adalah gitaris Slipknot. Gambarnya saya gunting dari majalah, dan ditempel begitu saja ke kertas hvs. List lagunya langsung ditulis tangan. Kampring memang. Waktu itu memang belum kenal adobe photoshop atau corel draw. Pure manual. Cut and paste to the core!!!



List-list band dan lagu di kompilasi HC Lives:

SIDE A:
01. Himsa - "Black Out"
02. the Great Deceiver - "Cornered Art"
03. Grade - "The Worst Lie are Told in Silence"
04. Noise Ear - "Remained Nameless"
05. Paura - "the Same Road"
06. Jane - "Ich-Spielzerg Des Todes"
07. for the Love of - "Your Infinity (Buried Alive)"
08. Disrespect - "Swallow"
09. Subterannean Kids - "Una Nooche Cualqiera"
10. 7 Seconds - "One Big Guessing Game"

SIDE B
01. Aero Bitch - "We Can Do It Better"
02. Retalliation - "Retributtion"
03. NJ Bloodline - "Six Feet Deep"
04. Nyari - "War is Means to an End"
05. Sendal Jepit - "Memo"
06. Sendal Jepit - "Stupid Love Song"
07. Sendal Jepit - "My Altercation"
08. Sendal Jepit - "Nina"
09. Sendal Jepit - "the Sun"
10. Sendal Jepit - "Nothing"
11. Puppen - "Hijau"
12. Pure Saturday - "Coklat"

...hmm, ko nyelip Pure Saturday, ya? he.


===================================================================

Selain nemu kaset kompilasi buatan sendiri, nemu juga kaset Closeminded. Band rock/industrial/noise dari Bandung. Albumnya keluar tahun 1996. Waktu itu, buat telinga saya, band ini aneh. Super aneh. Vokal ada dibelakang musik, dan terdengar seperti berteriak dan memelas tidak karuan. Bisa dibilang nanyi tanpa nada. Seperti ngelantur. Raungan-raungan gitarnya juga terdengar absurd. Ah, anehlah. Surealis! Di Bandung saat itu, sepengetahuan saya, musik-musik yang bergenre seperti Closeminded tergolong jarang. Jadi, yah, cukup bikin 'shock' untuk ukuran bocah ingusan yang kebanyakan dicekok musik-musik catchy di album kompilasi Pesta Alternatif, seperti saya. hehe.

Nah, untuk ukuran musik underground lokal di pertengahan '90...kover album Closeminded tergolong unik. Bila dibuka lipatannya, nampak seperti salib. Layoutnya cukup keren. Imej-imejnya juga terkesan 'gelap' dan 'misterius'. Hahah. Apalagi ada kata-kata yang berbau depresif. Cocok buat adrenalin anak muda yang resah, seperti "i lost everything", atau "now would be dying".

                                                                 (bagian depan)

                                                                (bagian belakang)

Dan imej tengkorak kepala kambing yang ada di didalam kovernya, cukup membuat saya merinding saat itu. Saya kira band ini adalah pemuja setan. Saya bayangkan bila setiap manggung, personelnya akan memotong kepala kambing dan meminum darahnya. Hahah, Tapi sayang, sampai sekarang saya belum melihat Closeminded manggung. Jadi ga tau apakah mereka pemuja setan atau bukan :D

                                                         (imej tengkorak kepala kambing)


                              i lost everything (depresif-depresifan ala yang muda dan resah. he)


                                                  (kover album Closeminded bila dilipat)

8 komentar:

astri arsita mengatakan...

hihi. jadi inget mixtape buatan saya. saya tinggal di rumah. jadi inget juga pernah dikasih mixtape. mixtape is cool. hahahahaha :p

abo si eta tea mengatakan...

asik. dikasih ma siapa nih? :)

astri arsita mengatakan...

cuman suripen yang pernah ngasih saya mixtape sama mixcd. heheu. gatau he took the effort atau too shy to say it straight (jadi liwat lagu) hahahahaha. menurut saya sih yah bo, a mixtape is a great way to get in someone's heart. hahahahaa.

Praga Utama mengatakan...

tah dengekeun bo! haha. urang ge baheula sok nyieunan mixtape, tapi sarua sih keur sorangan we, tara diberekeun ka sasaha. urang mah mixtape na britpop tea, desperate teu meunang kasetna di aquarius, nga-rip ti radio. hhaha.

abo si eta tea mengatakan...

eits, eits...sempet dong ngasih mixtape pure saturday...eum, bkn mixtape sih. mixcd's. tapi sayangna, masalah get in na mah lain persoalan :D

abo si eta tea mengatakan...

tah, ieu mah jaman GMR aya keneh euy. sok nyetel metal pan radio eta mah. hahah.

Praga Utama mengatakan...

mun mix-photo tea kumaha mang? :))

enya GMR, jalan jurang. haha.... njis waas!

astri arsita mengatakan...

the right tape, the right song, but not the right girl mereun bo hehe :D