Rabu, 12 November 2008

viva la vida or death and all his friends

Rating:★★★★
Category:Music
Genre: Rock
Artist:coldplay
Pertamanya ada hentakan drum yang cukup enerjik. Terus, suara synth, kibor...atau entahlah apapun itu, masuk. Moodnya bikin rada ngawang-ngawang juga. Nadanya datar dan gloomy. Diluar rumah, hujan mengguyur dari siang. Bikin perasaan makin mendung. Lalu, terdengar ada vokal Chris Martin yang ngomong di lagu Lost!, "Just because i'm losing, doesn't mean i'm lost." Nyesss....wah, ini lagu bagus. Masuk pisan.
saya rasa-rasa, ni lagu cocok pisan sama keadaan akhir-akhir ini. Apalagi pas ngeder vokal Martin lagi: "just because i'm hurting, doesn't mean i'm hurt." Waw, ini spesial. Saya senang, karena akhirnya ada lagu yang cocok. Hell, tiba-tiba muncul pikiran pas denger 'Lost!':"anjis, selama ini beberapa kawan memang tidak tahu apa yang terjadi, tapi ga berarti mereka harus tau. Biarin ajalah. Sekarang mah masalahnya gimana maju lagi ke depan." Bener. kali ini Coldplay terasa spesial.
Terus, ditilik-tilik dari nama-nama lagu, nama album dan dibandingkan dengan arah musiknya...terasa ada yang aneh juga. Pertama, dari pemilihan tema dan judul lagu sering banget ngeluarin makna-makna berbau 'death'. Kematian. Hilang. Hampa dst, dst. Tapi, dari segi musikalitasnya, khususnya mood...kerasa banget ceria. Jadi, kaya ada kontradiksi gitu: antara ceria sama sedih. Ah, ga tau juga, sih, cuma perasaan saya aja apa gimana...tapi, saya emang ngerasanya kaya gitu. Jadi, ini soundtrack yang ceria ditengah-tengah kematian (?). ah, ga tau lah. Pokokna mah, untuk sekarang, viva la Coldplay!

"I just got lost
Every river that I've tried to cross
And every door I ever tried was locked
Ooh-Oh, And I'm just waiting till the shine wears off...

You might be a big fish
In a little pond
Doesn't mean you've won
'Cause along may come
A bigger one"


Awwww....you're not that great anymore, girl! Haha. Interpretasi mah gimana saya weh meureunnya, dulur?!

4 komentar:

astri arsita mengatakan...

BEU! sepakat bo, waktu kamu bilang kontradiktif gloomy-cherfull. itu yang saya denger waktu denger viva la vida (setengah menangis-haha) padahal enggak tau apa yang disedihin hahahaheuks.. tau mereun yang masuk kuping saya mah cuman (mayoritas) musik2 gloomy-serenade. hehe. Enggak tau kenapa, rasanya musik lagu ini kena sekali kepada diri saya, seperti ketika saya tertegun memandang seseorang yang sangat sepesial (pakai telor), tapi merangsang nuansa: sendu. hahehoh..

idunc s mengatakan...

saya sangat percaya bahwa perubahan 'atmosfer' yang disajikan coldplay kali ini sangat amat dipengaruhi produser album ini yaitu the living legend brian eno....

diani apsari mengatakan...

"lost" dan "viva la vida" adalah best tracks dalam hidup saya. hahaha hiperbola sih.

abo si eta tea mengatakan...

itu yang lagu pertama juga keren...lupa tapi judulnya euy. asa waas ngedengernya. ceria tapi ga ceria juga (?).