Minggu, 23 November 2008

Lazarus Bird

Rating:★★★★★
Category:Music
Genre: Other
Artist:Burst (Relapse, 2008)
Track dimulai dengan lagu berjudul "I Hold Vertigo". Ini track pembuka yang gila sekaligus membingungkan. Temponya naik turun: ia bisa mengerikan, tapi di satu titik menjadi terdengar begitu mellow. "I Hold Vertigo" mempermainkan mood Anda dengan begitu kacaunya. Penuh tanda tanya. Kira-kira akan kemana lagi arah mereka setelah ini.

Ada delapan lagu di album terbaru mereka ini. Semuanya membingungkan dari segi struktur lagu. Mereka seolah-olah bergerak liar kesana-kemari, meninggalkan kekacauan yang berserakan di telinga kita. Sebenarnya dari kedelapan track itu, semuanya menjadi favorit saya. Namun, saya kira, track no tujuh, '(We Watched) The Silver Rain', patut disimak dengan lebih. Berhubung sekarang sedang musim hujan, saya kira komposisi '(We Watched)...' terbilang cukup menakjubkan dan brilian.

Saya tidak mencoba bermetafor disini...setidaknya coba dengarkan dulu album terbaru mereka. Butuh adaptasi yang lama untuk bisa mencerna kedelapan lagu ini buat saya. Musiknya bagus, bagus sekali. Hanya saja arah mereka benar-benar baru dan tergolong aneh bila dibandingkan dengan dua album sebelumnya, yaitu "Prey on Life" dan "Origo". Ketika pertama kali mendengar album "Prey on Life", saya kira arah musikalitas mereka akan bergerak ke arah 'post-metal' ala ISIS atau NEUROSIS...ternyata dugaan saya meleset. Ini benar-benar katarsis. Pengaruh NEUROSIS memang masih ada, tapi selebihnya adalah kekacauan. Seperti BOTCH, Cave In (era Beyond Hypotermia), MASTODON, DEP, ATHEIST, BARONESS, NOCTURNUS. Jazzy progresive metal sekaligus chaotic. Salut.


Track Listing:
1. I Hold Vertigo
2. I Exterminate The I
3. We Are Dust
4. Momentum
5. Cripple God
6. NineteenHundred
7. (We Watched) The Silver Rain
8. City Cloaked

Tidak ada komentar: