Sabtu, 01 November 2008

Keluh-Kesah (Monologue Apokalipso)

Where do you want to go, my heart? Anywhere, anywhere out of this world!”

-CrimethInc-


Terlalu banyak pikiran dan keinginan akhir-akhir ini. Mikirin itu-mikirin ini. Pengen itu-pengen ini. Hasilnya bingung sendiri. Ga tau harus ngapain. Ujung-ujungnya nyalain rokok lagi. Ngisep lagi, ngehembusin lagi. Nyangkut masalah kaya gini, kalo ngobrol sama temen, pertanyaannya pasti gitu-gitu lagi: masa hidup kaya gini terus? Ato engga, ada yang ngasih jawaban rada intelek sama filosofis: ini mah fase dalam kehidupan, nanti juga berakhir dengan sendirinya.

             Ga ada lagi jalan buat nyari solusi. Saya amini saja omongan-omongan yang kaya gitu, walaupun buat saya ga ngejawab apapun. Gimana lagi, saya juga ga tau keadaan saya yang sebenernya. Cuman, tiap kali ngedengerin itu, saya bertingkah rada moderat. Saya bales omongan-omongan kaya gitu. “Ah, iya. Emang diri sendiri aja kali yang lagi jenuh,” gitu balesan saya.

               Cuman, emang pikiran sama keinginan mah bercokolnya di diri sendiri kan? Jadi, mau ga mau, hal-hal kaya gitu tetep ada di dalam diri. Ga pergi-pergi. Di waktu lengang, di waktu senggang…suka keluar: saya pengen ini-saya pengen itu. Terus, pikiran juga sama ngotot minta dipikirin. Jadinya ribet, rungsing sendiri.

            Suatu waktu lampau. Saya ketemu temen, si Asu. Kuliahnya ga beres-beres dan kerjaannya ngerokok sama ngerokok. Sampe-sampe kalo dah waktunya sholat Jum’at dan rokoknya belum habis, ga dia matiin. Dia simpen buat diisep lagi kalo sholatnya udah beres. Heavy smoke addict. Di suatu malem saya ketemu ma dia di kios. Dia beli rokok ketengan sebanyak enam batang pake duit 50ribuan.

                 Saya nanya, “gimana kuliah euy?”

               Dia jawab, ”anjis, parah euy. Harusnya seumuran saya seperti sekarang udah ga jamannya kuliah lagi.”

                  “lha, emang umur ente berapa gitu?”

                  “23.”

                  “Sama dong.”

                   “Anjis, kuliah berantakan. Udah males banget kuliah. Pengen kerja sambilan.”

             Ini topik baru dan saya pun setuju ma dia, “heeuh, urang ge hayang neangan gawe. Nu ngahasilkeun.”

            Si Asu jenuh. Kuliahnya ga beres-beres, padahal umurnya udah bertengger di angka 23. Saya juga sama dengan si Asu, tapi dengan sedikit perbedaan. Saya jenuh, tapi kuliah ga berantakan amat. Umur saya juga 23 dan saya juga pengen cari duit. Tapi, saya pengen cari duit dengan cara yang bisa saya nikmatin. Dengan cara kerja yang, kalo bahasa Sundanya mah, make ‘manah’ (hati – ST). Kerja karena ga terpaksa atau dipaksa.

“Ah, semua orang juga pengen kaya gitu. Tapi, jarang ada yang bisa kaya gitu,” nah, ini ada yang nyeletuk dalam diri.

Terlalu banyak request, emang. Lebih tinggi permintaan daripada penawaran yang menghampiri, haha. Sebenernya banyak keinginan-keinginan yang pengen direalisasiin: bermusiklah, berkreatifitaslah, bersenggamalah, berwiraswastalah…tapi, kewajiban dan tuntutan yang harus dipenuhin seringkali ngebabat semuanya. Harus curi-curi waktu. Ini mah harus pisan. Konsekuensinya, kamu ga bisa ngejalaninnya secara full-time. Parahnya lagi, keinginan-keinginan itu cukup riskan, karena ga ngejanjiin apa-apa, kecuali kepuasan dalam melakukan sesuatu. Imbalan kecil, hampir ga ada. Pokoknya, sama sekali ga mendatangkan kemasyhuran. Tapi, da saya mah pengen ngelakuinnya. Nah, rungsing kan? Jadi, istilahnya tuh, kaya terjebak dalam sebuah masalah yang diciptain sendiri. Nambah bahan pikiran.

Modal pun sedikit buat ngewujudin keinginan-keinginan itu. Modal satu-satunya, ya, itu, keinginan itu sendiri. Saking kuatnya itu keinginan, sampe-sampe saya sendiri ga ngerti kenapa saya keukeuh terus ngejalaninnya. Curi-curi waktu entah sampe kapan. Terus berkutat di dalamnya, padahal pemasukan sama sekali ga ada. Saya juga terkadang kesel sama keadaan kaya gini. Anjis, saya juga butuh penghasilan. Butuh pemasukan, uang, imbalan atau apapunlah. Kalo saya yang terus jorjoran ngewujudin ini-itu tanpa ada balik modal, lama-lama kan bisa bangkar sendirian.

Cuman, ya, gitu, di satu titik…saya bersyukur juga sama Tuhan. Saya bersyukur sama Dia karena Dia nyiptain bermacam-macam manusia. “Agar kalian saling mengenal,” gitu alesanNya. Saya bersyukur, karena saya ngejalaninnya ga sendirian-sendirian amat. Ada teman yang sama misinya, sama visinya dan sama keinginannya, walaupun beda kelakuannya. Mau rugi bareng-bareng. Ikhlas makan hati bareng-bareng. Pasrah momotoran malem-malem cuman untuk bayar hutang. Sampe sekarang, sepertinya ini yang jadi semangat ngejalanin keinginan-keinginan yang kering alias ga ngasih penghasilan sama sekali itu. Jadi, ada yang saling ngebackup aja. Kalo yang satu down, yang satunya lagi gerak. Kalo yang lagi gerak tadi ujung-ujungnya patah arang, yang down tadi yang giliran untuk bergerak. Yah, hal-hal kaya gitulah. Saling dukung. Da hidup mah patungan.

Untuk sekarang, saya mah cuman berharap ajalah. Mudah-mudahan saling dukung ini bisa berlangsung lama. Minimal sampe keinginan-keinginan itu bisa terpenuhi. Soalnya ada kekhawatiran juga. Kekhawatirannya, ya, balik lagi ke masalah umur, kewajiban dan tuntutan itu tadi. Dia udah kelar kuliah, sedangkan saya sebentar lagi juga kelar. Ada hal-hal yang tidak terprediksikan, ketika saatnya untuk terjun ke ‘pasar’ itu terjadi. Semuanya menjadi fluktuatif dan penuh perhitungan. Minimal saya pengen ada dokumentasi dari aktivitas yang telah kami lakukan selama ini. Itu aja dulu. Bila ternyata setelah dokumentasi itu kelar, lalu ada hal-hal baik lainnya yang mengikuti…wah, sungguh merupakan hal yang menyenangkan sekali. Semogalah. Harapan mah ada. Dipelihara. Cuman, ga tau sampe kapan.

17 komentar:

feni freycinetia mengatakan...

guwa jg pnah ngrsain itu,bo.dulu mkrny jln keluar:traveling.feel the unknown world.kelar somerholiday trnyt sy kmbli sama dgn dulu.well,jwbnny bkn jln2.cri celah lain bo.cari pacar.cari org2 yg bs bantu bwt ngebuka pintu itu..hehe

dyah nur'aini mengatakan...

saia pesen satu kalo ada yang jual...

irma chantily mengatakan...

bo..lo mau apa pun, lakukan saja..! jangan menyerah, jangan termakan kata-kata orang2..lakukan yang lo mau dan hadapi konsekuensinya..kalo cuma mikir terus lo ngga ngelangkah ke mana pun, padahal waktu terus berjalan dengan atau tanpa kamu...

cuma lo yang tau apa yang terbaik buat diri lo..
:D

Adinda Silitonga mengatakan...

Bo, kuliah aja kuliaahhhh
kerjain tugas. dengerin dosen mengajar. kerjain tugas lagi.
Kuliah itu baik bo, buat ketemu temen. Kalo udah gak kuliah, bingung deh kapan mau ketemuannya. mesti pake janjian dulu.
:DD

andeeper mohammad mengatakan...

bo, tenang asu memang begitu,
kamu jangan patah hati ya bo, hahahhaha
ganti nickname geura, bubur merah bubur hejo
tong abo, tong oge asu. tong oge oge.
a-b-o, tiga emang selalu bikin sial,
bukan begitu ashary...

astri arsita mengatakan...

wah, iri bisa seterbuka ini.. kalau saya bilang pernah merasa di posisi kamu, kamu percaya enggak bo? mungkin semua orang pernah lah yah ngalamin yang beginian. Saya yang punya umur mengganda ini juga merasa belum punya pencapaian yang maksimal. banyak keinginan tapi engak kunjung dilakukan, banyak ide yang dibiarkan. lebar.... entah, mungkin takut yah. Tapi prinsip siaku mah, yasudahlag yang penting hilangkan dulu satu 'penghalang'. ketika si penghalang berwujud 'kuliah' yah kalahkan si dia. tapi emang bo, yang paling sulit mah satu penghalang besar, umur... masak sodara saya pas lebaran kemaren pada nanya kapan kawin. memangnya saya kuliah buat kawin?! (jadi curhat) AYO LAKI-LAKI, TAKLUKKAN SEMUA PENGALANG! hehe.. ngomong2 soal hutang, saya juga punya (selain hutang budi yang numpuk disana-sini) kuliah bagi saya adalah hutang pada orangtua, luls berarti membayarnya. Tapi abis itu harus bayar hutang ke si ibu karena telah mengandung dan melahirkan saya. hirup mah jigana moal leupas ti hutang nya bo...

abo si eta tea mengatakan...

urang mun ningali si asu pasti keur ngaroko wae. tara mun teu ngaroko. kunaon nya? hehe. aluslah tapi si eta mah. hade.

abo si eta tea mengatakan...

enya ah. ganti nickname weh. jadi 666. maneh geroan urang jadi 666. kumaha? biar buang sial.

abo si eta tea mengatakan...

Iya, nuhun, Meh, atas masukannya. Hehe. Bermanfaat.

abo si eta tea mengatakan...

Hehe, iya euy. Rada riskan, chilles. Aktivitas eike yang sekarang-sekarang ini, bener-bener proyek "kepuasan", tapi ga ngasih pemasukkan. Nah, kalo mendekati akhir kuliah, takutnya 'tergerus' sama rutinitas dunia kerja. Jadi terbengkalai. Tapi, semoga enggalah. Asal niat ditambah usaha. Bukan begitu, hey?

abo si eta tea mengatakan...

iya, kata saya mah banyak hutangnya hidup teh. Tapi, yang bikin berabe tuh biasanya kalo udah nyangkut-nyangkut 'debt collector'. Bon tagihan numpuk sana-sini. Nah, itu yang butuh 'treatment'. Pinter-pinternya cara kita ngelunasinnya gimana...atau ngakalinnya, buat yang ga mampu ngelunasin. hehe. Falsafah rarieut itu namanya, Cil.

abo si eta tea mengatakan...

Owkey, Bos. Hidup kuliah. Cari jodoh. Hakhakhakahak.

abo si eta tea mengatakan...

Wadaw. haha.

astri arsita mengatakan...

falsafah rarieut? haaa masak harus rieut melulu ahh.. hehe

abo si eta tea mengatakan...

eh, bagus, lur. tandanya mikir (ceunah, tapi da heeuh).

madoen laszlow mengatakan...

hha
bo, we are getting old???
it's not too late to achive our dream..!!!!

abo si eta tea mengatakan...

Indeed my friend. Indeed. But, getting old isn't the real problem though. I am enjoy getting old! seriously. he.