Selasa, 15 Juli 2008

Gunung Batu, Lembang, Bandung Utara.




Ngeliat bandung dari ketinggian 1.336 m, asoy juga, cuy! Sengaja dari rumah bawa ransel badag yang diisi sama termos biar di puncaknya bisa ngopi sama teman-teman sadulur saderek. Udah dari kemaren-kemaren ngidam pengen bawa termos sendiri ke tempat ini, eh, kesampaean juga!ahaha.
fotonya rada gelap dan absurd...maklum, cahayanya minim pisan. sumber cahaya cuman dari lampu kota di kejauhan sama dua senter yang dibawa Baihaqi sama Sayah, jadi...ya, kitu we fotona. tapi, mudah-mudahan bisa dinikmati, soalnya saya memang menikmati pisan. hehe.

eu, ini secuil info yang saya copy-paste dari situs bandungtotal.com, yang ditulis sama 'Okey' tentang Gunung Batu, Lembang:

"Gunung Batu terletak sekitar satu kilometer di selatan Kota Lembang. Bila kita cermati, gunung yang lebih tepat dikatakan bukit ini berada pada satu punggungan memanjang berarah timur barat, yang bermula di lereng Gunung Palasari dan berujung di sekitar Cisarua, Cimahi. Orang-orang di Bandung Utara menyebut punggungan memanjang itu dengan nama Gunung Malang, sedangkan para ahli ilmu kebumian menamakannya Patahan Lembang. Patahan inilah yang senantiasa membuat warga Bandung waspada karena potensi gempa bumi yang dimilikinya.

Gunung Batu (1.336 m dpl.) adalah tempat paling populer di sepanjang Patahan Lembang. Di puncaknya, terpasang sebuah seismograf yang berfungsi mencatat getaran-getaran gempabumi. Jika kita menjadi peserta Wisata Bandung Purba, para pemandu akan membawa kita ke sana, lalu menjelaskan bahwa "letusan dahsyat Gunung Sunda menyebabkan kekosongan pada kantung-kantung magma di sekitar Lembang, beban berat tak bisa lagi ditahan, maka terjadilah ambrukan/pematahan lapisan batuan sepanjang 22 kilometer, dan tebing batu yang tegak memanjang itu adalah cirinya yang kasat mata."

Tempat itu memang cocok untuk menjelaskan sejarah geologi Cekungan Bandung, karena kita bisa melepas pandang dengan bebas ke segala arah: ke pegunungan Bandung Utara, pegunungan Bandung Selatan, bagian timur Patahan Lembang dan hamparan gedung-gedung Kota Bandung. Onggokan batuan yang kabarnya terbentuk dari leleran lava berumur ± 508.000 tahun itu pun lumayan akrab dengan muda-mudi Bandung, khususnya Bandung Utara. Tempat ini biasanya ramai pada malam minggu atau hari-hari libur sekolah. Dinding tegaknya yang juga sering disebut Tebing Cikidang, cukup menarik sebagai tempat berlatih para pemanjat tebing terjal.

Ada jalan setapak yang akan membawa Anda merangkak ke puncak. Di sana Anda bisa memilih angle-angle terbaik untuk memperoleh gambar yang menarik, baik gambar Anda atau gambar alam. Angin biasanya bertiup agak kencang membawa kesejukan dan kedamaian. Jika menginginkan kesan yang lebih menggigit, nikmatilah suasana malam di Gunung Batu dengan mendirikan tenda di puncaknya. Saat malam tiba, suasana menjadi semarak dengan kerlap-kerlip lampu Kota Bandung, Lembang dan permukiman sekitarnya. Anda mungkin tertarik untuk bermain tebak-tebakan: menerka rumah atau tempat-tempat yang Anda kenal dalam hamparan cahaya kota yang mengagumkan."
(http://www.bandungtotal.com/wisata/gunung-batu/)

5 komentar:

idunc s mengatakan...

keren! thx infonya!

dyah nur'aini mengatakan...

G bs liat fotoNy bo..Pake henpoN uy ol ny.Tp btw byk bgt yak daerah namany gunung batU. D bdg,d suradE,d ciraCaP..DmN dEui ny?

sahrul sahrul mengatakan...

ini power ranjer apa sailor moon??jangan2 kolor ijo???khahahaha

abo si eta tea mengatakan...

Advent Bangun, Rul. tokoh laga Indonesia klasik!hellyeah.

sandrie justsandrie mengatakan...

foto2 city lightnya bagus........
udah lama gak ngelamun sambil liat city light nih!