Jumat, 09 September 2011

silumantulen mixtape vol 1: midnight folks

Mungkin kalau mau ngomong secara ‘ketat’, tulisan ‘Mixtape’ di atas harusnya diganti menjadi ‘Mixmp3’. Soalnya, ya, karena bentuk file yang diunggah di sini berbentuk file digital, bukan pita kaset. Tapi, masa bodohlah. Soalnya, terasa tak enak dilidah kalau melafalkan ‘Mixmp3’. Kagok. Terus, seperti keliatan kurang keren gitu…. Jadi, ya, kagok negro juga. Mending sebut dengan istilah ‘Mixtape’ saja. Istilah di jaman ketika kaset masih jaya-jayanya di era 90an. Istilah ketika antara teman masih sering tukeran kaset kompilasinya sendiri. Istilah ketika jari-jemari masih merasakan sedikit nyeri, karena sering menekan tombol fast forward dan rewind yang keras di pemutar kaset. Istilah ketika masih ada rasa kesal dan marah yang muncul, karena melihat pita kaset pabaliut gara-gara head nya sudah butut. Yup, good ol’ times never dies.

Heup ah. Saatnya untuk sedikit kata pengantar buat ‘bingkisan’ dari silumantulen.

Di postingan kali ini, saya hanya ingin sedikit memberi ‘bingkisan’ berupa lagu-lagu yang sering didengarkan akhir-akhir ini. Lagu-lagunya itu sendiri dikompilasi dan diberi titel ‘silumantulen mixtape vol 1’.  Khusus untuk kompilasi volume pertama ini, lagu-lagu yang  ada di dalamnya merupakan lagu-lagu yang memiliki genre yang spesifik, yakni folk. Mungkin lebih tepatnya adalah lagu yang bergenre folk bernuansa ballad, country, dan blues (semenjak varian dari folk itu sendiri beragam). 

Pertama kali saya menyukai musik-musik bergenre folk ini adalah ketika menonton film Elizabethtown. Kalau kalian sudah ada yang pernah menonton film itu, mungkin kalian ingat adegan di akhir-akhir film, ketika Drew Baylore (Orlando Bloom) mengendarai mobil untuk pulang ke kotanya seusai acara pemakaman ayahnya sambil mendengarkan kompilasi lagu yang diberikan oleh Claire Colburn (Kirsten Dunst). Di setiap tempat baru yang dilewati, Baylore mendengarkan lagu sesuai dengan yang diinstruksikan oleh Colburn dalam sebuah catatan yang ada di bungkus kompilasi lagunya. Nah, di adegan itu, lagu-lagu yang diputar oleh Baylore langsung masuk ke telinga saya. Apalagi visual-visual yang ditampilkan dalam adegan itu juga bagus; seputar hal-hal yang ada dalam sebuah perjalanan, seperti jalan raya, kota, suasana alam di Amerika. Antara visual dan lagu terasa saling mendukung.

Bermula dari film itulah kemudian saya mencari album soundtracknya.Album soundtrack Elizabethtown ini sebagian besar diisi oleh artis-artis yang membawakan musik folk. Mulai dari Patty Griffin hingga Jeff Finlin. Bahkan Elton John pun ada di album ini membawakan ‘My Fathers Gun’ dari album Tumbleweed Connection (1970). Mungkin kalian juga bisa googling album Ost. Elizabethtown kalau berminat. Link downloadnya juga berserakan di mana-mana di dunia maya ini. Nah, bermula dari mendengarkan album soundtrack Elizabethtown inilah kemudian saya tertarik untuk mencari-cari lagi musik folk hingga saat ini.

Di silumantulen mixtape vol 1 ini ada tiga artis yang saya ambil dari album Ost. Elizabethtown, yakni Patty Griffin, I Nine dan Eastmountainsouth. Selebihnya adalah artis-artis dari hasil pencarian musik folk selama ini. Artis-artis itu dipilih berdasarkan pilihan personal belaka: lagu mereka memberi soundtrack dalam keseharian. Ada masa-masanya ketika lagu-lagu itu mengiringi di saat kehidupan lagi terasa apeu (seperti sekarang-sekarang ini), ada masanya juga ketika lagu-lagu itu mengiringi di saat kehidupan lagi woles. Pastinya, lagu-lagu yang ada di mixtape ini berkesan secara personal.

Okelah, tanpa berbasa-basi lebih lanjut lagi. Saya mengucapkan selamat mendengarkan. Pastinya mixtape ini saya dedikasikan kepada mereka para penikmat musik yang berpikiran terbuka, mereka yang selalu terinspirasi oleh musik, dan mereka yang berusaha menikmati hidup betapa pun berat tantangan yang ada di dalamnya. Mudah-mudahan mixtape ini bisa menjadi pelipur lara, atau minimal mengiringi, ketika kamu beristirahat pada malam hari sesudah menjalani fase-fase hidup yang sedang ditempuh, baik itu fase yang menyebalkan ataupun sebaliknya.

Memelintir kata AC/DC: for those about to rock…I salute you! Cheersh :)

============================================================================

SILUMANTULEN MIX TAPE VOl 1: MIDNIGHT FOLKS track list:

01. Heirlooms of August - A Flower My Love Grows

02. Mark Kozelek - Celebrated Summer

03. Patty Griffin - Long Ride Home

04. Corrosion of Conformity - Stare Too Long

05. Sun Kil Moon - Lost Verses

06. Sleepy Sun - Ooh Boy

07. Jesse Sykes and the Sweet Hereafter - Morning It Comes

08. Hindi Zahra - Fascination

09. I Nine - Same In Any Language

10. Eastmountainsouth - Winter


Tidak ada komentar: