Selasa, 23 September 2008

yang akhir-akhir ini ngasih inspirasi

ENSLAVED
Inspirasi pertama dari Enslaved. Band viking black metal asal Norwegia. Musiknya ngasih pencerahan. Pertama kali denger waktu mereka ngeluarin album bertitel 'Isa' di tahun 2004. Denger lagu pertama, 'Lunar Force', bikin stoked. Di tengah-tengah lagu ada semacam hook yang komposisinya ngingetin sama band postmetal-juggernaut, Isis. Black metal tidak pernah terdengar seprogresif dan se-'rock' seperti yang Enslaved lakukan. Mereka mencampur postmetal, progresif sama black metal sekaligus.
    Hingga hari ini saya masih ketagihan sama Enslaved. Akhir-akhir ini saya dapat juga album barunya, 'Vertebrae'. Rilisan tahun 2008, paling baru. Sebelumnya saya juga dapet album setelah 'Isa', yaitu 'Ruun' (rilisan tahun 2006). Ketiga album itu jadi masterpiece. Untuk beberapa minggu ini ketiga album itu, khususnya 'Vertebrae', tidak pernah lepas dari winamp. Untuk album 'Vertebrae', musiknya jadi semakin rock. tidak murni black metal. Banyak ngundang pro-kontra juga dari album ini. Tapi, kata saya, sih, musiknya makin seksi. Black metal sendu!ahaha.

                                           


WATAIN















































Total fukkin blackmetal straight to your black assess!!!Blasphemy as fukk. Band ini benar-benar celaka. Saya baru dapat dari seorang saudara. Ia memberi saya albumnya yang terbaru, Sworn to the Dark. Musiknya kenceng abis. Ala black metal awal, seperti Mayhem dan Gorgoroth. Bener-bener 'jahat': sound gitarnya 'dirty', sehingga ngebuat musiknya seperti angin ribut! bener-bener holocaust... Biasanya, saya tidak suka dengan tipikal black metal yang kencang dan ribut seperti ini. Saya lebih condong ke tipikal U.S. Black Metal, seperti Xasthur, Wolves In the Throne Room, Nachtmystium, Leviathan...yang komposisi musiknya lebih gelap dan kotor. Condong ke ambience. Tapi, untuk black metal seperti Watain ini, mungkin sebuah pengecualian. Musik yang mereka mainkan keren! Lalu, dari segi liriknya pun sangat tradisional black metal: semuanya tentang kejahatan dan pengglorifikasian terhadap satanisme. Dari nama albumnya aja udah nunjukkin mencoba untuk sesetan apa mereka.  Belum lagi judul-judul lagunya, kaya Storm of the Antichrist, Satan's Hunger, Darkness and Death, The Lights that Burn the Sun...total ada sebelas lagu. Dengan judul-judul keren, seputar satanisme dan kematian. Uh, nampaknya ini akan menjadi playlist saya untuk beberapa bulan.


GOATSNAKE














Boogie-woogie stoner. Apa yang kamu harapkan dari band heavy shit seperti Stoner/doom ini, selain sound super heavy, vokal ala Ozzy campur Stevie Wonder (?) dan riff-riffnya yang monoton, repetitif, tapi memabukkan? Hell, pastinya jadi inspirasi sekaligus influence saya dalam berkarya. Riff-riffnya awesome! Sabbathian all unite, smoke some joint! Slowburn, yeah.


DYLAN CARLSON





















Gitaris favorit saya (siapa itu Malmsteem dan Vai?). Dia adalah frontman band orisinal drone bernama Earth. Sebuah band yang menginspirasi juggernaut drone saat ini, yaitu Sunn O))). Dylan Carlson ini kalo maen gitar, selalu terdengar soulful dan gelap. Coba aja cek. Di seksi musik, saya mengupload lagunya, 'Hung From The Moon', yang diambil dari album terbaru mereka The Bees Made Honey in the Lion Skull.  Saya ingin melihatnya live suatu saat (kalo bisa terkabulkan). 
Dia juga ngasih ide ke saya, kalo lagi ngulik-ngulik riff buat Primate.
      Penasaran ingin melihat gimana cara bermainnya. Ada satu yang unik dari permainan Carlson. Jadi, dia bermain sangat minimalis. Tidak over pamer skill, seperti gitaris solo bullshit. Ia bermain di area komposisi, daripada memamerkan skill. Terkadang ia main satu tone saja, hanya untuk dipakai durasi lumayan lama. Sekitar tiga menit. Tapi, hell, satu tone yang memabukkan dan berat. Hail doom and drone!
    Oh, ya,  Earth ini dibentuk  pada tahun 1990. Tau siapa di era '90an yang begitu ngefans sama Earth? Yup, Kurt Cobain. Bahkan, Kurt ini ikut menyumbangkan vokal di era awal Earth terbentuk. Selain itu, Dylan juga adalah bandar kokainnya Kurt Cobain. Pertemanan mereka berawal dari situ. Bahkan, Dylan Carlson pernah menjual senjata kepada Cobain yang kemudian oleh Cobain sendiri dipakai untuk bunuh diri. Weird friendship.


STEPHEN O' MALLEY (Soma)























Dia adalah gitaris favorit saya setelah Dylan Carlson. Dia adalah juga former band drone paling sering dibincangkan saat ini, yaitu Sunn O))). Apa yang sangat saya suka dari Soma adalah, bahwa kreatifitasnya tidak mengenal batas. Dia maniak eksperimentasi. Band proyekannya banyak, KTL, Dommedagsnatt, Burning Witch, Burial Temple Trio, Sunn O))) & Boris, dll. Banyak banget, deh. Itu hanya band. Belum solo. Beuh.
    Satu hal yang patut diketahui dari Soma bila membicarakannya sebagai seorang gitaris. Dia bukan tipe gitaris konvensional seperti Malsteem atau Vai atau siapa sajalah yang dianggap master kalo maen gitarnya 'berskill' tinggi. Skill disini skill dalam artian jago shredding, licking, tapping, ato apapun. Soma tidak seperti itu. Ia lebih menggunakan gitarnya untuk tujuan pencapaian sound adiluhung daripada mengejar teknik-teknik gitar konvensional. Maka dari itu, setiap proyek Soma selalu berkutat di wilayah ambience, noise dan drone. Oh, ya, doom juga. Hell, I love his art and work! Hail.
Untuk lebih mengenal Soma coba cek ideologic.


KAKI KING
Ah...finally. The cute one.  She erase my headache once in the morning.






                   
















7 komentar:

bidorakun bakadesu mengatakan...

menta atuh enslaved na.....

abo si eta tea mengatakan...

siap, cuy. ka imah weh ke.

saya Imam mengatakan...

palay Kaki King na...

abo si eta tea mengatakan...

mangga Mam. Tagih we si Opet meureunnya. Candak di si j-pop gagal tea. hehe.

madoen laszlow mengatakan...

bo hayang kaki king
jiga kumaha??

abo si eta tea mengatakan...

Akustik kitu, Dun. Kadang nyerempet-nyerempet Mew. Ngisi Ost. August Rush da si geulis eta teh.

madoen laszlow mengatakan...

what the helll
menta bo!!!
jeung musik nu lain na oge
urg geus leungiteun... akses musik terbaru!!!